10 Pantai di Tulungagung yang Mempesona dan Wajib Kamu Jamah Sekarang

Posted on

Pantai di Tulungagung – Tulungagung merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jawa Timur, yang lokasinya dekat dengan Kota Blitar dan Kediri. Tulungagung dikenal sebagai Kota Marmer, karena disini mayoritas penduduknya bekerja sebagai pengrajin marmer. Nama Tulungagung cukup jarang disebut oleh para traveler, karena masih jarang traveler yang menjamah tempat wisata di Tulungagung.

Kabupaten Tulungagung sebenarnya memiliki banyak wisata alam yang wajib dikunjungi, yaitu wisata pantainya. Karena kabupaten ini berada di sebelah selatan Jawa Timur, sehingga pantai-pantai disini langsung berbatasan dengan Samudera Hindia. Berikut 10 pantai di Tulungagung yang mempesona dan wajib kamu jamah sekarang :

 

  1. Pantai Kedung Tumpang

Pantai di Tulungagung yang pertama dan wajib kamu kunjungi, adalah Pantai Kedung Tumpang. Pantai ini berbeda dengan pantai lainnya, pantai ini tidak memiliki hamparan pasir yang putih ataupun lembut. Pantai Kedung Tumpang dikelilingi oleh batuan karang besar. Pantai mempesona ini berada di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung.

Meskipun tidak berpasir, Pantai Kedung Tumpang tetap memiliki pesona yang tidak ada duanya. Pantai Kedung Tumpang memiliki laguna yang terbentu secara alami, dan sangat indah. Laguna ini terbentuk karena terdapat celah atau lubang di batuan karang. Air di laguna ini sangat jernih, dan bisa membuat kamu ingin melepas baju untuk berenang.

  1. Pantai Pathok Gebang

Pantai Pathok Gebang adalah pantai milik Tulungagung, yang berada di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung. Akses menuju lokasi pantai tidak berjalan mulus, sehingga membuat emosi kamu bisa naik. Namun sesampai di Pantai Pathok Gebang, semua emosi dan lelah perjalanan akan dibayar dengan pemandangan yang menyejukkan mata.

Pemandangan apik lainnya, yaitu terdapat sebuah batuan karang yang membentuk seperti bendungan. Ketika air laut sedang pasang, dan menghantam batu karang tersebut. Akan menimbulkan efek pancuran air setinggi 10 meter.

  1. Pantai Lumbung

Pantai di Tulungagung berikutnya, adalah Pantai Lumbung. Pantai yang memiliki pasir berwarna kecoklatan ini, memiliki sebuah batuan karang yang bercampur dengan batu kapur, dan berdiri kokoh di pesisir pantai menyerupai monumen. Pantai Lumbung berada di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung. Selain memiliki pemandangan indah, Pantai Lumbung wajib dikunjungi karena masuknya gratis alias tidak bayar.

  1. Pantai Coro

Pantai Coro adalah salah satu pantai di Tulungagung, yang berlokasi di Desa Reco Sewu, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung. Pantai Coro merupakan pantai komersil yang tidak memiliki fasilitas umum apapun. Akses menuju pantai juga cukup melelahkan, kendaraan yang kamu bawa harus diparkirkan di Padepokan Retjo Sewu. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki, dijalan setapak yang terkadang becek saat hujan. Serta kamu harus menyusuri sungai. Tetapi sampai di Pantai Coro, semua akan dibayar dengan keindahan alam yang memukau.

  1. Pantai Ngalur

Pantai Ngalur berlokasi di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung. Pantai ini dekat dengan Pantai Sanggar. Pantai Ngalur memiliki pemandangan yang sangat indah, hamparan pasir putih, dan air laut yang jernih. Selain pemandangan tersebut, Pantai Ngalur juga memiliki suasana yang sangat asri, cocok buat kamu yang ingin berkemah disini.

  1. Pantai Sanggar

Masih satu lokasi dengan Pantai Ngalur, Pantai Sanggar juga memiliki pemandangan yang tak kalah dengan Pantai Ngalur. Namun untuk menikmati keindahan Pantai Sanggar, kamu harus berjuan ekstra. Karena akses jalannya masih sangat sulit. Oleh sebab itu pantai ini masih jarang dijamah oleh wisatawan. Pantai Sanggar memiliki pemandangan pasir yang putih, bersih, serta air laut yang sangat jernih. Suasana pantai ini masih sangat asri, sehingga cocok buat kamu yang ingin jauh dari keramaian.

  1. Pantai Molang

Pantai Molang adalah pantai yang memiliki pasir berwarna putih kecoklatan. Pantai ini berada di perbatasan Blitar dan Tulungagung, tepatnya di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung. Pantai Molang memiliki ombak yang sangat besar, sehingga kamu dilarang keras bermain air saat air laut sedang pasang. Di pantai ini terdapat sebuah muara sungai, yang membuat pantai terbelah menjadi dua bagian.

  1. Pantai Sine

Pantai di Tulungagung lainnya, adalah Pantai Sine. Pantai berlokasi di Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung. Pantai Sine memiliki suasana yang bisa membuat wisatawannya menjadi nyaman. Selain sebagai tempat wisata, Pantai Sine juga sering digunakan sebagai tempat pertunjukan seni pada bulan suro. Selain itu disini kamu bisa melihat aktivitas sehari-hari nelayan.

  1. Pantai Brumbun

Kalau Banyuwangi punya pasir berwarna merah, Tulungagung memiliki pasir berwarna abu-abu kehitaman. Pantai unik ini berada di Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung. Akses menuju Pantai Brumbun sangat sulit, dari Kota Tulungagung berjarak sekitar 22,5 KM. Pantai ini memiliki luas yang sangat luas, sehingga cocok buat anak-anak bermain pasir. Selain itu Pantai Brumbun juga memiliki ombak yang sangat tenang, cocok buat kamu yang ingin bermain air.

  1. Pantai Popoh

Pantai di Tulungagung terakhir yang wajib kamu kunjungi, adalah Pantai Popoh. Pantai ini merupakan pantai yang paling terkenal di Tulungagung, dan menjadi tujuan utama para wisatawan Tulungagung. Dari pusat kota, pantai ini hanya berjarak 30 KM. Pemandangan Pantai Popoh sangatlah menarik. Pantai ini memiliki bentuk menyerupai teluk, dan ombaknya juga sangat tenang. Pemandangan Pantai Popoh dikelilingi oleh barisan pegunungan.

Masih berani bilang Tulungagung tidak punya tempat wisata ? Pasti tidak kan. Itulah 10 pantai di Tulungagung yang mempesona dan wajib kamu jamah. Selamat berlibur dan semoga mengesankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *