10 Pilihan Oleh – oleh Khas Bandung yang Bisa Kamu Bawa Pulang Seusai Liburan

Posted on

Oleh – oleh Khas BandungOleh – Oleh Khas Bandung – Kota Kembang atau Bandung merupakan tujuan utama wisatawan lokal ataupun manca negara, saat akhir pekan tiba. Disini wisatanya sudah sangat lengkap, mulai wisata alam, wahana, kuliner, hingga wisata oleh-olehnya ada di bandung. Berlibur ke kota di Jawa Barat ini, tak cukup kalau hanya sehari saja, kamu butuh waktu minimal seminggu untuk pergi kesini.

Menghabiskan akhir pekan di luar kota, tentu kamu harus membawa buah tangan untuk orang – orang dirumah. Nah kalau kamu liburan ke Bandung, kamu gak perlu khawatir mencari pusat oleh – oleh khasnya. Berikut 10 pilihan oleh – oleh khas Bandung yang bisa kamu bawa pulang :

  1. Peuyeum Bandung

Oleh – oleh Khas BandungPeuyeum atau yang sering disebut tape ini, merupakan oleh – oleh khas Bandung yang sudah terkenal. Banyak wisatawan yang membawa pulang peuyeum untuk kerabatnya di rumah. Jajanan ini sering ditemui di Kawasan Jalan Cihampelas, dan digantung didepan toko. Peuyeum adalah makanan khas terbuat dari singkong rebus, yang di beri ragi, dan disimpan di tempat yang tertutup.

Peuyeum atau tape ini bisa kamu nikmati setelah disimpan 2-3 hari. Jajanan khas ini sering diincar penduduk lokal Bandung, karena bisa memberi efek hangat di badan ditengah udara Bandung yang dingin. Peuyeum Bandung juga merupakan oleh – oleh yang murah, dan tahan lama.

  1. Brownies Kukus Amanda Bandung

Oleh – oleh Khas BandungKalau kamu berada di Malang atau Surabaya, tentu sudah tak asing lagi dengan Brownies Kukus Amanda. Namun jika kamu berlibur ke Bandung, kamu bisa membawa brownies ini sebagai oleh – oleh orang dirumah. Kue ini muncul pada tahun 2000, dan outlet pertamanya berada di Jalan Rancabolang No.29, Margahayu Raya, Bandung.

Kalau biasanya kue brownies dioven, Brownies Kukus Amanda proses masaknya berbeda, yaitu di kukus. Inilah yang menjadikan brownies ini unik, dan selalu menjadi incaran wisatawan. Kini kue ini sudah bisa kamu temui di beberapa kota Indonesia, seperti Jawa Barat, Tengah, Timur, Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan.

Brownies Kukus Amanda awalnya hanya memiliki satu rasa, yaitu cokelat original. Namun kini sudah banyak varian rasa, seperti banana bizz, cheese cream, blueberry, sarikaya pandan, tiramisu, dan varian rasa lainnya.

  1. Oncom Raos

Oleh – oleh Khas BandungSalah satu Oleh – oleh khas Bandung yang wajib dibawa pulang, adalah Oncom. Makanan ini merupakan hasil olahan kacang yang difermentasi. Kalau di Bandung disebut oncom, di Malang sering disebut tempe. Oncom biasanya diolah menjadi masakan yang enak, seperti oncom goreng.

Kalau kamu ke Bandung, kamu bisa membeli oncom di Oncom Raos, yang berlokasi di Jalan Cihampelas No.91 B, Bandung. Tak sulit mencari lokasi Oncom Raos, karena berada dekat dengan pusat belanja Cihampelas Walk. Tempat yang sudah ada sejak 40 tahun silam ini, tak hanya menyediakan oncom saja melainkan juga oleh – oleh lainnya. Seperti keripik, sale pisang, dan berbagai oleh – oleh lainnya.

  1. Tahu Bandung

Oleh – oleh Khas BandungKalau biasanya kamu ke Bandung bawa oleh – oleh Tahu Sumedang, sekarang kamu wajib bawa oleh – oleh tahu lainnya, yaitu Tahu Bandung. Tahu ini bertekstur lembut, dan memiliki rasa yang gurih. Oleh – oleh Tahu Bandung memiliki banyak pilihan yang bisa kamu bawa pulang, seperti Tahu Susu Lembang, Tahu Tauhid, Tahu Sehat Bersih, Tahu Yun Yi, dan Tahu Talaga.

Jika kamu ingin membawa Tahu Susu Lembang, kamu harus berkunjung ke Jalan Raya Lembang No.117, Bandung. Tahu Sehat Bersih berada di Jalan Astana Anyar No.82, Tahu Yun Yi berada di Jalan Jenderal Sudirman No.229, Tahu Tauhid di Jalan Sesko AU No.20, Lembang. Dan Tahu Talaga berada di Jalan Jenderal Sudirman No.227, Bandung.

  1. Keripik Maicih

Oleh – oleh Khas BandungKeluargamu pecinta makanan pedas ? Bawain saja mereka Keripik Maicih. Keripik ini sudah terkenal di Kota Kembang, dan selalu diincar oleh wisatawan yang berlibur ke Bandung. Camilan pedas ini bisa kamu temukan di berbagai pusat oleh – oleh khas Bandung.

Keripik Maicih memiliki banyak pilihan, yaitu basreng (bakso goreng), singkong pedas, gurilem, dan seblak. Camilan ini juga memiliki tingkat kepedasan yang menggigit, mulai level 1 hingga 10.  Sekarang camilan ini sudah tersebar di beberapa kota, seperti Malang. Jangan lupa menyiapkan air minum dan tissue, karena kepedasannya akan membuat kamu menangis.

  1. Kafetaria Pia 170

Oleh – oleh Khas BandungSelain brownies, Bandung juga memiliki kue yang enak yaitu pia, yaitu Kafetaria Pia 170. Kue ini bisa kamu temukan di pusat oleh – oleh yang berada di Jalan HOS Cokroaminoto, Bandung. Untuk bisa mendapatkan Kafetaria Pia 170, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp. 30.000 per box. Pia ini memiliki rasa unggulan yang berbeda dengan lainnya, yaitu butterscotch. Selain pia, kamu bisa membawa oleh – oleh lainnya dengan harga yang terjangkau.

  1. Angklung

Oleh – oleh Khas BandungKalau sudah bosan membawa oleh – oleh makanan, kamu bisa membawa oleh – oleh berupa kerajinan tangan. Salah satu kerajinan yang bisa dibawa pulang, adalah Angklung. Alat musik tradisional khas Bandung ini, terbuat dari bambu, dan sudah diakui oleh dunia. Bermain angklung bisa menimbulkan kombinasi suara yang enak ditelinga.

Jika kamu berminat membawa angklung sebagai buah tangan, kamu bisa berkunjung ke Saung Angklung Udjo yang berlokasi di Jalan Padasuka. Disini selain bisa membeli Angklung, juga bisa melihat pertunjukan angklung yang memukau. Selain alat musik, disini juga dijual aneka souvenir, seperti miniatur angklung.

  1. Pakaian Khas Factory Outlet Bandung

Oleh – oleh Khas BandungBali punya Joger, Bandung juga punya pusat oleh – oleh pakaian khas, yaitu di Factory Outlet Bandung, yang sudah tersebar di beberapa lokasi. Seperti Jalan Dago, Cihampelas, dan Jalan Riau. Berkunjung ke jalan – jalan tersebut, kamu akan dibuat gelap mata. Karena banyaknya pilihan model pakaian terkini, hasil dari kreatifitas Warga Bandung. Di Factory Outlet Bandung, kamu bisa membeli baju, topi, celana, tas, dan lain – lain.

  1. Tas dan Sepatu Khas Cibaduyut Bandung

Oleh – oleh Khas BandungSelain Factory Outlet, kamu akan dibuat gelap mata ketika berkunjung ke Kawasan Cibaduyut. Disini banyak berjajar kios yang menjual produk asli negeri, seperti tas dan sepatu. Cibaduyut sudah terkenal dikalangan wisatawan sebagai pusat oleh – oleh khas Bandung. Sepatu dan tas yang dijual memiliki tingkat kreatifitas yang tinggi, bahkan bisa mengalahkan produk luar negeri yang berharga mahal. Produk disini dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

  1. Picnic Roll Prima Rasa

Oleh – oleh Khas BandungPrima Rasa merupakan pusat oleh – oleh yang sudah terkenal di Bandung, produk andalannya adalah Picnic Roll. Makanan khas ini terbuat dari daging cincang yang dibungkus dengan pastry, ditambah telur rebus, dan dipanggang hingga berwarna kecoklatan. Picnic Roll memiliki dua varian rasa, yaitu daging ayam , dan sapi.

Pusat oleh – oleh Prima Rasa sudah tersebar di Kota Bandung, dan pusat dapurnya berada di Jalan Kemuning. Selain Picnic Roll, produk andalan lainnya seperti brownies, pudding mouse, dan mouse cake juga sering dibawa pulang oleh wisatawan. Picnic Roll yang enak, hanya bisa kamu temukan di Bandung saja, karena Prima Rasa tidak membuka cabang di kota lain. Hal ini dikarenakan untuk menjaga kualitas rasanya.

Nah sudah gak bingung kan mau bawa oleh – oleh yang mana ? Itulah 10 pilihan oleh – oleh khas Bandung yang bisa kamu bawa pulang. Selamat berlibur, semoga liburanmu menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *