10 Rekomendasi Makanan Pedas Yogyakarta yang Wajib Kamu Coba

Posted on

Makanan pedas Yogyakarta – Hampir seluruh kota di Indonesia memiliki wisata kuliner pedas, salah satunya Yogyakarta. Kota di Jawa Tengah ini tak hanya terkenal dengan Gudegnya saja, tetapi juga terkenal dengan beberapa makanan yang memiliki rasa pedas. Bahkan makanan pembakar lidah ini sering diburu wisatawan yang sedang berlibur ke Yogyakarta.

Berikut 10 rekomendasi makanan pedas Yogyakarta yang wajib kamu coba, sebagai penyemangat berlibur kamu :

  1. Rica-rica Kalkun

Kamu penggemar olahan daging kalkun ? Nah warung sederhana di daerah Jalan HOS Cokroaminoto atau sebelah selatan Pasar Klitikan ini wajib kamu kunjungi. Di warung ini ada dua menu yang bisa membuat lidah kamu bergoyang hingga kepanasan, ada nasi goreng dan rica-rica kalkun.

Salah satu menu favorit di warung ini, ialah rica-rica kalkun. Bahkan sebelum jam warung tutup, menu kalkun ini sudah habis. Selain dagingnya yang lunak sehingga mudah dimakan, menu rica-rica kalkun banyak diburu pengunjung karena memiliki rasa pedas yang minta ampun. Untuk satu porsi rica-rica kalkun, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 10.000 hingga Rp. 15.000 saja. Dan jangan datang diatas pukul 20.00 WIB, karena menu rica-rica kalkun biasanya sudah habis.

  1. Warung Penyetan Mas Kobis

Ingin mencoba penyetan yang jumlah cabainya bisa kamu tentuin sendiri ? Coba saja makan di derah belakang kampus teknik UNY, namanya namanya Warung Mas Kobis. Warung penyetan ini selalu ramai dikunjungi, apalagi ketika jam istirahat kerja. Buat kamu yang ingin makan disini, harus rela mengantre panjang. Ada banyak menu penyetan yang tersedia, mulai dari tempe, terong, hingga ayam. Soal harga, karena berada di belakang kampus maka harganya sangat ramah kantong.

  1. Angkring Jentik

Salah satu makanan pedas Yogyakarta yang wajib kamu coba, adalah Ayam Setan. Menu andalan ini hanya ada di Angkringan Jentik, yang berada di Jalan Selokan Mataran No. 99, Yogyakarta. Ayam Setan di angkringan ini disajikan lengkap dengan nasi rainbow, dan es teh manis. Untuk harganya juga sangat murah, satu paket menu Ayam Setan, hanya Rp. 13.000 saja. Buat kamu yang ingin mencoba pedasnya daging ayam ini, langsung saja ke Angkringan Jentik pada pukul 10.00 hingga 23.00 WIB.

  1. Gudeg Mercon Yu Yam

Berlibur ke Yogyakarta tak lengkap kalau gak mencicipi makanan khasnya, Gudeg. Tapi kalau kamu pecinta makanan pedas, wajib mencoba Gudeg Mercon Yu Yam. Selain menu gudeg yang berbeda dari lainnya, jam buka warung ini juga berbeda, yaitu pukul 01.00 dini hari. Meski buka lebih awal, Gudeg Yu Yam tetap menjadi favorit wisatawan Yogyakarta, bahkan kalangan artis yang sedang berlibur ke Yogyakarta, juga memburu makanan gudeg mercon ini.

Selain menu Gudeg Mercon, Warung Yu Yam ini juga menyediakan lauk yang serba mercon. Seperti tempe mercon, kikil mercon, dan masih banyak lagi. Buat kamu yang tidak suka dengan menu mercon, bisa mencoba bubur yang rasanya gak kalah enak.

  1. Gudeg Mercon Bu Tinah

Ingin mencoba makanan pedas Yogyakarta di dini hari ? Selain Gudeg Yu Yam, ada satu lagi warung gudeg yang bukanya dini hari, yaitu Gudeg Bu Tinah. Berada di jalan Asem Gede, Krangan, Yogyakarta, Gudeg Bu Tinah siap membakar lidahmu di dini hari.

Meski jam bukanya mainstream, Gudeg Bu Tinah selalu ramai pengunjung. Jadi buat kamu yang ingin makan disini, harus rela mengantri panjang. Untuk harga satu porsi gudeg, dijual mulai Rp. 15.000 hingga Rp. 25.000 saja, murah kan ?

  1. Ayam Geprek Bu Nanik dan Ayam Geprek Bu Rum

Sama dengan Warung Mas Kobis, warung Ayam Geprek Bu Nanik dan Ayam Geprek Bu Rum juga membolehkan pengunjung untuk menentukan jumlah cabainya. Kedua warung geprek ini berada di satu jalan, yaitu Jalan Wulung, Demangan, Sleman atau Daerah Mrican dekat Universitas Sanata Dharma.

Dua warung kecil ini selalu ramai pengunjung ketika jam-jam makan siang tiba, apalagi ketika mahasiswa sedang beristirahat. Selain harga yang terjangkau, hanya Rp. 15.000 saja. Warung ini ramai karena, pengunjung diberi kebebasan memilih jumlah cabai untuk sambal gepreknya. Sebagai pelengkap makan ayam geprek, kamu bisa meminta kuah tongseng.

  1. Warung Tenda Kuning

Selain Gudeg, makanan oseng-oseng mercon juga tersohor di Kota Yogyakarta ini. Hampir seluruh warung pinggir jalan, menjual menu ini. Tetapi ada satu warung tenda yang menu oseng-oseng merconnya enak dan wajib dicoba, yaitu berada di Jalan Prof. Herman Yohanes, Yogyakarta atau di sebelah timur SPBU Sagan.

Menu oseng-oseng mercon di Warung Tenda Kuning memiliki rasa yang super pedas, bahkan mampu membuat keringat kamu bercucuran. Untuk bisa menikmati menu pedas ini, kamu harus berangkat pukul 17.00, karena warung ini sangat antri pengunjung. Bahkan sebelum jam  warung tutup, menu andalan ini sudah habis. Harga menu di warung tenda ini, mulai Rp. 6.000 hingga Rp. 13.000 saja.

  1. Outlet Miyada

Kalau di Malang ada Mie Setan, di Yogyakarta ada Mie Ayam yang level pedasnya gak ketulungan. Menu mie ayam ini hanya ada di Outlet Miyada, yang berada di Jalan Tasura, Paingan, Maguwoharjo, Sleman atau arah menuju Kampus Sanata Dharma. Outlet yang buka pukul 09.00 ini, selalu ramai diserbu mahasiswa ketika jam makan siang datang.

Ada 3 jenis mie yang dijual di Outlet Miyada, yaitu Mie biasa, Mie hijau, dan Mie orange. Mie ayam disini disajikan dengan level kepedasan yang menggoyang lidah, mulai level 0 hingga 5. Harga per porsi mie ayam juga sangat murah, mulai Rp. 6.000 hingga Rp. 10.000 saja.

  1. Entok Slenget Kang Tanir

Menu makanan pedas Yogyakarta selanjutnya yang wajib kamu coba, adalah Entok Slenget Kang Tanir. Meskipun belum terkenal di Yogyakarta, menu entok ini sudah banyak digilai para pecinta makanan pedas. Di Warung Kang Tanir ada dua menu olahan entok, yaitu Entok Slenget dan Tengkleng Tulang Entok. Tetapi Entok Slenget tetap mejadi andalan disini, karena rasanya yang mampu menggoyang lidahmu.

Buka pukul 16.00 hingga 20.00 menu Entok Slenget sering habis sebelum jam tutup, sekitar jam 19.00 menu ini sudah ludes. Untuk harga satu porsi menu pedas ini, yaitu Rp. 15.000 saja. Selain menu yang nendang, makan diwarung ini kamu bisa menambah porsi nasi sesuka hati, tetapi hanya diperuntukkan untuk anak kost.

  1. Sate Petir Pak Nano

Pernah mencoba makan sate dengan level pedas yang gila ? Jika belum pernah, kamu wajib berkunjung ke Sate Petir Pak Nano. Warung sate ini beradadi Jalan Ringroad Selatan 90, Yogyakarta.  Warung ini buka setiap hari, mulai pukul 12.00 dan pada pukul 17.00 menu sate petir sudah kehabisan.

Selain sate kambing, ada menu lainnya seperti kepala kambing, tongseng daging, dan tengleng atau balungan. Untuk level pedasnya, mulai SD hingga yang paling pedas yaitu level Pendekar. Untuk harga satu porsi sate petirnya, dibanderol Rp. 25.000 saja.

Itulah 10 rekomendasi makanan pedas Yogyakarta yang wajib kamu coba, ketika berlibur ke Yogyakarta. Siap-siap lidahmu bergoyang, dan kulit kepala terasa gatal. Jangan lupa beli minum, agar lidah tidak panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *