10 Tempat Wisata Alam di Yogyakarta yang Masih Fresh dan Sedang Hits

Posted on

Tempat Wisata Alam di Yogyakarta  – Yogyakarta, merupakan salah satu kota yang berada di Propinsi Jawa Tengah. Selain terkenal dengan budaya dan seninya, Yogyakarta juga terkenal sebagai Kota Pelajar di Indonesia. Kota yang pernah terkena erupsi ini, menyimpan banyak tempat wisata yang wajib kamu kunjungi. Salah satu tempat wisata yang tidak boleh ditinggalkan, adalah wisata alamnya. Nah buat kamu yang bingung mau ke tempat wisata alam mana ? Berikut 10 tempat wisata alam di Yogyakarta yang masih fresh dan sedang hits di kalangan wisatawan :

 

  1. Air Terjun Kedung Kandang

Wisata alam di Yogyakarta yang pertama, adalah Air Terjun Kedung Kandang. Air terjun ini bisa menjadi solusi untuk kamu saat musim hujan tiba, dan bingung mau berwisata alam kemana. Air terjun ini berada di daerah pedesaan Gunung Butak, tepatnya di Desa Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Tempat wisata alam ini memiliki pemandangan yang sangat-sangat memukau, perpaduan pemandangan pegunungan, sawah, sungai, dan air terjunnya akan membuat mata kamu tidak mau berpaling. Karena kamu harus melakukan trekking agar bisa sampai ke air terjun, maka kamu wajib membawa bekal makanan ringan, dan minuman secukupnya.

  1. Watu Giring

Pengin menikmati keeksotisan reruntuhan batuan kapur ? Berlibur saja ke Watu Giring. Tempat wisata ini berada di Villa Jelok, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Meskipun hanya berupa pemandangan tumpukan batu, tempat ini tetap memiliki pemandangan yang sangat apik. Tumpukan batu di Watu Giring ini tersusun menyerupai reruntuhan kuil Suku Maya, serta bisa kamu naiki untuk melihat pemandangan alam sekitar.

Jika kamu bisa menaiki tumpukan batu disini, kamu bisa melihat Gunung Merapi dari kejauhan. Selain pemandangan batu, di Watu Giring juga terdapat gua cantik, yang bisa kamu jadikan sebagai spot foto. Berwisata ke Watu Giring, kamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk tiket parkir saja. Rp. 2.000 untuk sepeda motor, dan Rp. 5.000 untuk mobil.

  1. Batu Miring

Tempat wisata alam di Yogyakarta berikutnya, ialah Batu Miring. Tempat wisata ini cocok buat kamu yang ingin menikmati indahnya sunrise, dan sunrise. Dikelilingi oleh pegunungan kapur, dan pepohonan hijau, untuk menuju wisata Batu Miring kamu harus menggunakan kendaraan pribadi, karena disini tidak ada transportasi umum yang beroperasi. Setelah memakirkan kendaraan, kamu harus berjalan kaki sekitar 200 meter, menuju kaki Gunung Kukusan.

Terdapat dua jalur yang akan membawa kamu ke dua puncak berbeda. Jalur kiri bisa membawamu ke Puncak Dempok, sedangkan jalur kanan bisa membawa kamu ke Puncak Kendeng, puncak yang paling tinggi. Meskipun berbeda, tetapi kedua puncak akan menyuguhkan keindahan yang sangat apik. Jika kamu ingin berwisata kesini, disarankan untuk membawa jaket tebal, karena udara sekitar sangat dingin.

  1. Taman Wisata Alam Kalibiru

Ingin berwisata ke tempat yang tenang, memiliki udara sangat sejuk ? Singgah saja ke Taman Wisata Alam Kalibiru. Berada di Perbukitan Menoreh, Kulon Progo, Yogyakarta, tempat wisata ini bisa membuat pikiran kamu menjadi lebih fresh, karena suguhan pemandangannya. Berada di ketinggian 450 meter di atas permukaan laut, tempat wisata yang didirikan sejak tahun 2009 ini sudah menjadi tempat wisata alam di Yogayakarta yang terfavorit.

Saat kamu melakukan aktivitas alam, kamu akan ditemani pamandangan gunung yang sangat menakjubkan. Sesampai di lokasi, mengabadikan moment wajib kamu lakukan. Karena mengambil moment di tempat ini, bisa membuat indah instgram kamu. Untuk kembali ke dasar, kamu harus melakukan flying fox. Berbedad dengan saat naik, saat turun kamu akan disuguhkan dengan keindahan Waduk Sermo, serta pemandangan pantai selatan dari kejauhan. Kalibiru dibuka selama 24 jam, dan untuk tiket masuknya kamu harus merogoh kantong sebesar Rp. 5.000 saja. Sedangkan buat kamu yang ingin melakukan outbound, harus merogoh kantong sebesar Rp. 35.000 saja.

  1. Curug Setawing

Curug Setawing, adalah salah satu air terjun di Yogyakarta yang memiliki ketinggian 45 meter di atas permukaan tanah. Curug ini merupakan curug musiman, yang hanya bisa dinimati saat musim hujan saja. Curug Setawing berada di Desa Jonggrangan, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta atau lebih tepatnya berada di belakang pasar Jonggrangan.

Berwisata ke Curug Setawing sebaiknya saat musim hujan, karena saat musim kemarau air terjunnya mengering. Dari parkiran, kamu harus berjalan kaki agar bisa sampai di air terjun. Jangan khawatir, sselama perjalanan kamu akan disguhi pemandangan hamparan sawah yang hijau. Sebelum sampai di air terjun, kamu akan menjumpai gua yang sayang untuk tidak disinggahi, yaitu Gua Seplawan, dan Gua Kiskendo. Untuk menikmati semua keindahan Curug Setawing, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 2.000 saja untuk parkir.

  1. Curug Luweng Sampang

Selain Curug Setawing, ada satu curug di Yogyakarta yang wajib kamu kunjungi, yaitu Curug Luweng Sampang. Curug ini masih jarang dikunjungi wisatawan, karena lokasinya yang tersembunyi. Tempat wisata alam di Yogyakarta ini disebut-sebut mirip dengan Antelope Canyon di Amerika Serikat. Yang membedakan Curug Luweng Sampang dengan curug Jogja lainnya, ialah terdapatnya batu yang terkikis aliran air.

Berwisata di curug indah ini, kamu bisa berenang. Saat berenang kamu akan menemukan beberapa terowongan dan ceruk tersembunyi yang berada di balik curug. Lalu dimana Curug Luweng Sampang berada ? Curug Luweng Sampang berada di Jalan Juminahan, Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Gunung Kidul, Yogyakarta.

  1. Plunyon Kali Kuning

Masih ingat dengan kejadian erupsi di Yogyakarta pada tahun 2006 dan 2010 ? Jika kamu sudah lupa, coba berkunjung ke Plunyon Kali Kuning. Disini terdapat bendungan dan jembatan yang selamat dari erupsi tersebut. Plunyon Kali Kuning berada di Kedungsrtiti, Umbulharjo, Cangkringan, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Meskipun bekas erupsi, namun tempat wisata alam ini wajib kamu kunjungi. Plunyon Kali Kuning memiliki pemandangan yang sangat cantik, seperti pemandangan gunung, sungai yang jernih, serta pohon-pohon pinus yang tumbuh disekelilingnya. Jembatan disini, masih berfungsi seperti biasanya. Selain menikmati pemandangan, kamu bisa bersepeda, trekking, bahkan berkemah disini.

  1. Grojogan Lepo Dlingo

Grojogan Lepo Dlingo yang berada di Pokoh 1, Dlingo, Bantul, Yogyakarta merupakan tempat wisata alam di Yogyakarta yang menyuguhkan keindahan air terjun beserta kolam renangnya. Kolam renang disini dibentuk alami oleh aliran air yang membentuk gradasi warna biru. Kamu yang memiliki adrenalin tinggi, bisa memanjat ke atas air terjun, dan loncat menyebur ke kolamnya. Namun tidak semua kolam bisa dibuat terjun, hanya kolam pertama saja yang bisa.

Bagi kamu yang beradrenalin rendah, bisa menyewa pelampung, untuk menikmati laguna disini. Atau duduk bersantai di kursi gantung, yang terdapat di pinggir kolam. Tempat wisata ini dikelola oleh penduduk sekitar, sehingga kebersihannya tetap terjaga. Apabila kamu mulai lapar, kamu bisa makan di warung yang ada disekitar grojogan.

  1. Puncak Suroloyo

Sudah pernah ke Borobudur ? Pasti sudah sering, hampir setiap ke Jogja Candi Borobudur selalu menjadi tujuan utama wisatawan. Namun kalau menikmati pemandangan Borobudur dari ketinggian, pasti belum pernah kamu coba. Kalau kamu ingin mencoba, kunjungi saja Puncak Suroloyo, yang berada di Keceme, Gerbosari, Kulon Progo, Yogyakarta. Disini kamu bisa melihat pemandangan yang sangat cantik, meskipun suasana mistis masih terasa.

Berwisata ke Puncak Suroloyo sebaiknya kamu lakukan sebelum matahari terbit, karena pemandangan sunrise disini sangat-sangat memukau, ditambah kamu bisa melihat pemandangan Candi Borobudur yang cantik dari atas awan. Puncak ini memiliki ketinggian 2000 meter diatas permukaan laut, dan memiliki tiga pos peristirahatan. Untuk bisa mencapai puncak, kamu harus menaiki ribuan anak tangga yang dikelilingi pepohonan rindang. Di puncak terdapat penginapan, yang bisa kamu gunakan untuk menunggu matahari terbit sambil meregangkan otot kaki.

  1. Gumuk Pasir Parangkusumo

Punya impian mengunjungi padang pasir di Afrika ? Tak perlu ke Afrika untuk menikmati gurun pasir, kamu bisa berkunjung ke Jalan Pantai Parangkusumo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantuk Yogyakarta. Di daerah sini terdapat tempat wisata padang pasir seperti di Afrika, yang bernama Gumuk Pasir Parangkusumo.

Berwisata kesini kamu akan dibawa ke Negara Afrika atau Timur Tengah, hanya saja disini tidak ada onta melainkan adanya kuda. Untuk berkeliling menggunakan kuda, kamu harus merogoh kantong sebesar Rp. 50.000 sampai Rp. 150.000 saja. Selain menggunakan kuda, kamu bisa menggunakan kendaraan ATV untuk berkeliling di Gumuk Pasir Parangkusumo. Setelah puas berpanas-panasan di Gumuk Pasir, kamu bisa mendinginkan diri dengan berenang di Queen of The South Resort sembari menikmati matahari terbenam.

Itulah 10 tempat wisata alam di Yogyakarta yang masih fresh dan sedang hits di kalangan wisatawan. Selamat berlibur, semoga liburannya menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *