10 Tempat Wisata Alam Malang yang Hits dan Mempesona Wajib Menjadi List Kamu

Posted on

Tempat Wisata Alam Malang  – Malang, merupakan salah satu di Propinsi Jawa Timur yang lokasinya tidak jauh dari Surabaya. Hanya butuh waktu sekitar 2 jam saja, kamu bisa sampai di Kota Pendidikan ini. Selain terkenal dengan hawa yang sejuk, kuliner yang enak, kota ini juga terkenal dengan berbagai wisatanya. Seperti wisata sejarah, alam, dan waterparknya. Akhir-akhir ini wisata alam di Malang menjadi salah satu tujuan wisatawan, yang paling banyak digemari. Berikut beberapa tempat wisata alam di Malang yang sedang hits dan digemari :

  1. Coban Nirwana atau Coban Mbok Karimah

Tempat Wisata Alam Malang  Tempat wisata alam di Malang yang sedang hits dikalangan para traveler, adalah Coban Nirwana atau Coban Mbok Karimah. Karena belum terjamah dan masih jarang dikunjungi wisatawan, sehingga coban epic untuk selfie ini belum memiliki nama yang resmi. Coban Nirwana berada di salah satu kecamatan di Kabupaten Malang, yaitu Kecamatan Gedangan. Akses menuju ke tempat wisata ini terbilang mudah, karena lokasinya yang berada di perbatasan Gedangan dan Sumber Manjing Wetan.

  1. Sumber Sirah

Tempat wisata hits berikutnya berada di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Gondang Legi, Kabupaten Malang. Sumber Sirah merupakan tempat wisata air tawar yang sangat jernih, serta memiliki keindahan tumbuhan ganggang bawah air. Disini kamu bisa bersnorkling, tanpa harus membawa alat snorkling lengkap seperti biasanya. Selain pemadangan yang indah, bersiwata kesini kamu tidak akan mengeluarkan biaya untuk tiket masuk, alias gratis. Hanya saja jika kamu ingin menyewa ban, kamu akan dikenakan biaya, untuk ban dewasa Rp. 3000 dan ban kecil Rp. 2000 saja.

  1. Teluk Bidadari

   Berwisata alam ke Malang memang tidak rugi, di kota ini banyak banget tempat wisata alamnya. Satu lagi tempat wisata alam di Malang yang sedang hits, yaitu Teluk Bidadari, Pantai Mbehi. Lokasinya berada di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Terlihat dari namanya, tempat wisata ini sudah sangat menarik. Teluk Bidadari merupakan sebuah genangan air yang berbentuk lingkaran, dengan warna air biru kehijauan. Dari Pantai Bhehi, butuh waktu sekitar 30-40 menit untuk sampai di lokasi. Terlebih dahulu, kamu harus melakukan treking. Dan kamu harus didampingi oleh seorang guide, dengan biaya Rp.10.000/orang.

  1. Pemandian Kalireco

   Tempat wisata alam di Malang yang sedang hits lainnya, adalah Pemandian Kalireco. Berwisata kesini bisa membuat pikiran anda menjadi jernih kembali. Pemandian ini memiliki air yang sangat bening, udara yang sangat sejuk, serta pemandangan sekitar yang menarik. Berada di Desa Sumber Waras, Lawang, Malang, sebenarnya pemandian ini bukan tempat wisata. Karena Dinas Pariwisata setempat belum meresmikannya, hanya warga setempat yang memakainya. Tetapi jika kamu ingin berwisata kesini, kamu hanya dipungut biaya seikhlasnya untuk membantu perkembangan Pemandian Kalireco.

  1. Banyu Anjlok

   Sama halnya dengan Yogyakarta, Malang juga memiliki wisata pantai dengan air terjunnya, yaitu Banyu Anjlok. Tempat wisata ini menyuguhkan keindahan air terjun, kolam alam, dan pantai. Air terjun ini menghadap langsung ke Pantai Lenggoksono, tepat diatasnya kamu bisa menikmati kolam alam. Lokasi Banyu Anjlok berada di Daerah Dampit, Desa Tirtoyudo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Hanya 30 menit dari Desa Tirtoyudo, kamu akan melewati jalan setapak dan jurang. Untuk tiket masuknya, hanya Rp. 5.000 saja perorang.

6. Paralayang, Gunung Banyak    Berada di Malang sebelah utara, tepatnya daerah Kota Batu. Kamu bisa menikmati wisata alam sekaligus menguji adrenalin kamu, yaitu Paralayang. Berwisata sekaligus mencoba paralayang bukanlah hal yang menakutkan. Kamu akan disuguhi pemandangan indah Kota Batu dan Kota Malang. Apabila kamu ingin mencoba wisata ekstrem ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp. 350.000 perorang. Nah apabila kamu masih merasa takut, kamu tetap bisa kok menikmati pemandangan, karena lokasinya berada di puncak Kota Batu.

  1. Wisata Tubing Wringinganom

   Sama halnya dengan paralayang, wisata tubing atau rafting juga merupakan wisata penguji adrenalin. Lokasinya berada di kawasan lereng Gunung Semeru, yaitu Dusun Besuki, Desa Wringinganom, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Wisata ini memanfaatkan aliran sungai amprong, dan tepat di hulu sungai kamu akan menemukan Coban Pelangi, yang mengalir dari lereng Gunung Semeru. Cukup dengan Rp. 15.000 perorang, kamu bisa menikmati wisata adrenalin ini. Dengan peralatan keamanan dan pemandu, kamu sudah bisa menyusuri derasnya aliran Sungai Amprong. Disini kamu juga bisa mencoba track motor trail, dan camping ground.

  1. Gunung Panderman

   Salah satu wisata alam yang saat ini sedang digemari anak muda, yaitu mendaki gunung. Salah satu tempat wisata alam mendaki yang wajib kamu coba, adalah Gunung Panderman. Gunung ini merupakan salah satu gunung yang sering dijadikan pemanasan para pecinta alam, karena ketinggiannya tidak terlalu tinggi, hanya 2000 mdpl. Gunung Panderman berlokasi di Dusun Toyomerto, Kelurahan Songgokerto, Desa Pesanggrahan, Batu. Gunung ini memiliki puncak, yang disebut Basundara. Berwisata mendaki ke Gunung Panderman, kamu tidak memerlukan waktu yang lama. Cukup sehari kamu bisa menuju puncak dan turun kembali. Dari Malang hanya membutuhkan waktu 30-1 jam menuju basecamp.

  1. Sumber Pitu

   Sumber Pitu atau Tujuh Sumber merupakan salah satu tempat wisata alam di Malang yang sedang hits, lokasinya berada di Desa Druwetkrajan, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Untuk bisaDesa Druwetkrajan, kamu dapat menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Sesampai di desa, perjalanan kamu teruskan dengan berjalan kaki sekitar 2 jam. Keunikan dari Sumber Pitu, yaitu munculnya air dari tujuh titik dalam tanah, yang langsung menyembur dari tebing dalam jumlah yang banyak. Debit air yang muncul setiap titikmencapai 1.600 L/detik. Sumber Pitu dipercaya masyarakat sekitar sebagai sungai didalam tanah, selain itu banyak masyarakat luar desa yang melakukan ritual ditempat ini.

  1. Pemandian Air Panas Cangar, Batu

Selain Teluk Bidadari, kamu juga bisa berwisata alam sekaligus relaksasi ke Pemandian Air Panas Cangar. Wisata alam yang berlokasi di Kelurahan Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu merupakan tempat wisata yang sudah aja sejak jaman Jepang. Terbukti dari terdapatnya sebuah goa buatan, yang dibuat pada tahun 1942-1945. Di Cangar terdapat dua kolam renang dengan suhu air yang berbeda, ada yang panas dan sedang. Berada di ketinggian 1.000 mdpl, Cangar menyuguhkan keindahan alam yang indah. Selain bisa berendam, dan menikmati keindahan alam sekitar. Disini kamu akan menjumpai monyet-monyet berkeliaran.

Nah itulah 10 tempat wisata alam di Malang yang sedang hits dikalangan wisatawan. Jadi buat kamu yang akan mengunjungi Malang, wajib membuat list tempat mana saja yang akan dikunjungi. Selamat berlibur, semoga menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *