10 Tempat Wisata Kuliner di Semarang yang Harus Kamu Icipi Segera

Posted on

Tempat Wisata Kuliner di SemarangTempat Wisata Kuliner di Semarang – Wisata kuliner merupakan hal wajib yang dilakukan, ketika berkunjung ke suatu daerah di Indonesia, salah satunya Semarang. Kulineran di suatu daerah akan menambah pengalaman wisata yang tidak akan terlupakan, apalagi jika menu makanannya hanya ada ditempat tersebut. Selain terkenal dengan lumpianya, Semarang juga memiliki tempat wisata kuliner yang tak kalah terkenalnya. Berikut 10 referensi tempat kuliner di Semarang yang terkenal, dan harus dicoba :

 

  1. Warung Semawis

Tempat Wisata Kuliner di SemarangLapar saat tengah malam ? Gak usah bingung, Semarang punya solusinya. Ada satu warung yang buka tengah malam, namnya Warung Semawis. Warung yang berada di Pasar Malam Pemawis ini, menyajikan masakan Oriental dan Nusantara. Namun warung ini tidak buka setiap hari, hanya pada hari jum’at, sabtu, dan minggu.

  1. Tahu Gimbal

Tempat Wisata Kuliner di SemarangMungkin buat kamu yang sering ke Semarang, nama Tahu Gimbal sudah sering terdengar di telingamu. Makanan khas Semaranag ini, selalu menjadi primadona di kalangan wisatawan. Sebenarnya Tahu Gimbal itu hampir mirip dengan Tahu Lontong pada umunya, hanya saja tahu ini ada tambahan beberapa topping.

Meskipun di Semarang sudah banyak dijumpai kedai penjual Tahu Gimbal, tetapi ada satu kedai Tahu Gimbal yang sangat recomended. Berada di Jalan Menteri Supeno, atau daerah taman KB Semarang. Perpaduan lontong sayur, sayur kol, telur yang dimix dan digoreng dengan tahu, tauge, dan taburan bawang goreng ini wajib kamu coba saat berlibur ke Semarang.

  1. Mie Kopyok Pak Dhuwur

Tempat Wisata Kuliner di SemarangTempat wisata kuliner di Semarang selanjutnya, adalah Mie Kopyok Pak Dhuwur. Makanan legendaris Semarang ini, selalu menjadi incaran para wisatawan saat jam makan siang datang. Mie Kopyok sendiri terdiri dari potongan lontong, tahu, mie, tauge, dan siraman kuah yang sangat lezat. Nah buat kamu yang sudah penasaran dengan rasa mie kopyok ini, langsung saja ke Jalan Tanjung No. 18, Semarang. Kedai ini bka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

  1. Lumpia Gang Lombok

Tempat Wisata Kuliner di SemarangSatu lagi makanan khas dan selalu menjadi incaran para Wisatawan Semarang, adalah lumpia. Makanan khas orang China ini sudah menjadi ikon Kota Semarang, ada banyak kedai yang menjual makanan ringan ini. Namun ada sat kedai lumpia yang harus kamu singgahi, namanya Lumpia Gang Lombok. Kedai lumpia tertua ini berada di dekat Klenteng Tay Kak Sie.

Di kedai ini ada dua jenis lumpia, yaitu lumpia basah dan lumpia goreng. Lumpia yang dijual disini memiliki ciri-ciri kulitnya yang lembut serta isinya yang padat. Perpaduan rebung muda, telur, dan daging ayam membuat lidah kamu ingin nambah lagi, apalagi kalau dicelupkan ke sausnya. Langsung saja ke Lumpia Gang Lombok No. 11, yang buka setiap pukul 08.00 WIB.

  1. Rumah Makan Asem-asem Koh Liem

Tempat Wisata Kuliner di SemarangRumah Makan Asem-asem Koh Liem, merupakan salah satu tempat wisata kuliner di Semarang yang wajib kamu kunjungi. Menu utama disini adalah potongan daging sapi, yang disiram dengan kuah berasa masin asam. Rumah makan ini sudah terkenal dikalangan wisatawan, karena rasa menunya yang tidak ada duanya. Selain sayur asem, ada juga menu lain yang wajib dicoba, seperti kikil lombok ijo, bandeng sarden, dan lotong cap gomeh. Rumah Makan Asem-asem Koh Liem, berada di Jalan Karang Anyar, Semarang.

  1. Mie Siang Kie

Tempat Wisata Kuliner di SemarangMasih satu lokasi dengan Lumpia Gang Lombok, Mie Siang Kie yang berada di Kawasan Gang Lombok Semarang wajib kamu coba. Namun buat kamu yang beragama muslim dilarang mencoba, karena bahan dasar makanan disini adalah daging babi. Mie Siang Kie merupakan mie pangsit yang diberi kuah kaldu, diberi topping ayam suwir, dan kerupak pangsit yang berisi daging babi.

  1. Kampung Laut

Tempat Wisata Kuliner di SemarangBingung cari tempat mancing, dan tempat yang romantis ? Jika kamu sedang berlibur ke Semarang, berkunjung saja ke Kampung Laut. Salah satu tempat makan yang ada kolam memancingnya, dan memiliki suasana yang sangat romantis. Menu utama di Kampung Laut, adalah hasil olahan laut atau seafood. Tempat ini akan semakin romantis ketika kamu mengajak pasangan makan saat malam telah tiba. Langsung saja ke Puri Maerokoco Tawang Mas, Jalan Anjasmoro Raya, Semarang Barat.

  1. Pisang Plenet

Tempat Wisata Kuliner di SemarangKalau di Malang identik dengan nama Pisang Kipas, sedangkan di Semarang jajanan pisang diberi nama Pisang Plenet. Kata Plenet dalam Bahasa Jawa berarti di penyet. Jajanan tradisional ini sangat dicari wisatawan yang berkunjung ke Semarang. Selain harganya murah, hanya Rp. 6.000 per porsi, Pisang Plenet sudah bisa menjadi solusi saat perut mulai lapar.

Cara membuat Pisang Plenet berbeda dengan cara membuat pisang goreng. Pisang yang sudah matang dibakar hingga kecoklatan, setelah itu di plenet menggunakan papan kecil. Plenetan pisang tadi kemudian diolesi margarin, dan diberi varian rasa seperti strawberry, coklat, keju, nanas, kacang dan gula putih. Pisang Plenet yang sudah jadi, kemudia ditumpuk, menyerupai sandwich. Nah buat kamu yang mencari wisata kuliner ini, langsung saja ke Kawasan Gajah Mada, Semarang.

  1. Restoran Pesta Keboen

 

Tempat Wisata Kuliner di Semarang

Ada satu tempat kuliner di Semarang yang bisa kamu jadikan sebagai pengobat rindu masa lalu, yaitu Restoran Pesta Keboen yang berada di Jalan Veteran No. 29, Semarang. Restoran yang mengusung tema tempoe doeloe ini memiliki dua tempat makan, yaitu indoor dan outdoor. Menu yang disajikan juga beragam, dan pastinya sangat recomended. Langsung saja ajak pasangan kamu kesini, untuk makan malam sekaligus bernostalgia ria dengan masa lalu.

  1. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Tempat Wisata Kuliner di SemarangSuka dengan olahan daging kambing ? Bagi kamu penikmat daging kambing, tak lengkap berlibr ke Semarang tanpa mencicipi Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar. Warung pinggir jalan ini sudah terkenal enaknya, sudah banyak pelanggan yang rela mengantri demi satu mangkok gulai kambing. Berlokasi di Kawasan Kota Tua Semarang, Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar memiliki rasa yang tak kalah dengan gulai di restoran ternama.

Nah penasaran kan dengan 10 tempat wisata kuliner di Semarang tersebut ? Langsung saja siapkan jadwal berlibur ke Semarang, dan mengunjungi satu persatu tempat kuliner diatas. Selamat berlibur, semoga menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *