11 Tempat Wisata Alam Di Gorontalo yang Wajib Masuk List Liburan Kamu

Posted on

Tempat wisata alam di Gorontalo – Kalau Aceh memiliki julukan Serambi Mekkah, salah satu propinsi di Indonesia ini juga memiliki julukan lain, yaitu Serambi Madinnah. Propinsi Gorontalo lah yang memiliki julukan tersebut. Propinsi Gorontalo berada di sebelah utara Propinsi Sulawesi, dan memiliki ibu kota bernama Gorontalo.

Propinsi ke-32 di Indonesia ini, memiliki banyak wisata alam yang mempesona sehingga wajib kamu kunjungi. Berikut 11 tempat wisata alam di Gorontalo yang wajib masuk list liburan kamu :

  1. Benteng Otanaha

Bermimpi liburan ke Coloseum di Roma ? Berlibur saja ke Gorontalo. Disini ada salah satu tempat wisata yang sering disebut sebagai mini Coloseum, tempat itu adalah Benteng Otanaha. Benteng Otanaha adalah benteng peninggalan Bangsa Portugis pada abad ke-15, dan dibangun sekitar tahun 1522.

Berlokasi di Desa Dempe, Kelurahan Dembe I, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo. Benteng Otanaha berdiri kokoh diatas Bukit Desa Dempe. Untu sampai di Benteng Otanaha kamu harus menempuh perjalanan selama 30 menit, dari Kota Gorontalo ke arah Danau Limboto. Berada di benteng ini, kamu bisa melihat panorama Gorontalo, dan apiknya Danau Limboto.

  1. Danau Limboto

Tempat wisata alam di Gorontalo ini cocok buat menghabiskan waktu sore harimu, Danau Limboto. Danau yang memiliki kedalaman sekitar 5 – 8 meter ini, berada di Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo. Danau Limboto memiliki luas sekitar 3.000 hektar, dan memiliki banyak tanaman rambat, seperti eceng gondok.

Berlibur ke Danau Limboto kamu bisa memuaskan hobi makanmu, atau hanya sekedar berkeliling menghabiskan waktu sore hari. Akses menuju ke tempat wisata ini juga sangat mudah, karena berlokasi dekat dengan Bandara Jalaluddin.

  1. Taman Laut Olele

Gorontalo memang sudah terkenal dengan wisata bawah lautnya, salah satunya Taman Laut Olele. Taman laut yang sungguh – sungguh kece ini memiliki panorama bawah laut yang gak ada duanya. Akses menuju Taman Laut Olele juga terbilang sangat mudah, hanya berjarak sekitar 20 KM dari Kota Gorontalo.

Taman Olele memiliki spot diving yang selalu menjadi favorit wisatawan, yaitu Goa Jin. Meskipun goa kurang cahaya, namun keindahan yang disajikan gak boleh dilewatkan. Setalh diving sejauh 30 meter, kamu akan menemukan balck coral bush, seafan, dan sope-sponge kece, yang dijuluki Salvador Dali.

Buat kamu yang takut diving, kamu bisa bersnorkeling atau berlayar dengan perahu kaca. Di Taman Laut Olele disediakan penyewaan alat snorkeling, yang dipatok hanya Rp. 50.000 saja. Sedangkan untuk alat diving, tempat wisata ini masih belum ada, sehingga kamu harus menyewa ketika berada di Kota Gorontalo.

  1. Pantai Dunu

 

Tempat wisata alam di Gorontalo yang wajib masuk list liburan selanjutnya, adalah Pantai Dunu. Pantai apik ini berlokasi di Desa Dunu, Kecamatan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara. Dari Kota Gorontalo, pantai ini hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam saja.

Pantai Dunu memiliki ombak yang ramah, pasir yang bersih, dan pemandangan yang tidak boleh dilewatkan. Berwisata ke Pantai Dunu, kamu bisa menikmati sunset, atau bercengkrama dengan keluarga. Kalau kamu berwisata kesini, kamu harus membawa semua perlengkapan yang kamu butuhkan, karena disini tidak ada fasilitas umum.

  1. Wisata Torosiaje

Ingin tahu bagaimana kehidupan Suku Baju, Gorontalo ? Berwisata saja ke Wisata Torosiaje. Tempat wisata ini berlokasi di Kecamatan Popayato, Kabupaten Pohuwatu, Gorontalo. Atau berjarak sekitar 270 meter dari pusat kota. Wisata Torosiaje adalah salah satu wisata desa pertama di Gorontalo, yang bisa dikunjungi wisatawan.

Untuk bisa sampai di desa ini, kamu harus berlayar dari Kecamatan Popayato, karena desa ini berdiri diatas laut, dan berjarak sekitar 600 meter dari bibir pantai. 15 menit berlayar, kamu akan disambut dengan rumah-rumah panggung yang memiliki bentuk U. Rumah- rumah suku ini memiliki ornamen yang sederhana, serta menghadap ke Teluk Tomini.

  1. Air Terjun Taludaa Permai

Air Terjun Taludaa Permai merupakan tempat wisata alam di Gorontalo yang lokasinya tersembunyi, berada di hutan Desa Taludaa, Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Untuk bisa sampai di Desa Taludaa, kamu harus melalui Trans Sulawesi, dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Sesampai di Desa Taludaa, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki, melewati jalan setapak yang licin, dan mengarungi sungai. Setelah perjuangan terlewati, kamu akan menemukan Air Terjun Taludaa Permai yang mempesona. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter, serta dikelilingi tembok batu yang indah.

  1. Air Terjun Didingga

Selain Air Terjun Taludaa Permai, ada satu lagi air terjun kece di Gorontalo, yaitu Air Terjun Didingga. Air terjun kece ini berada di Desa Didingga, Kecamatan Tolinggula, Gorontalo. Dari pusat Kota Gorontalo, membutuhkan waktu perjalanan sekitar 3 jam. Sesampai di Desa Didingga, kamu harus berjalan kaki sejauh 3 KM.

Selama perjalanan menuju air terjun, kamu akan ditemani suara kicauan burung, dan udara yang sejuk. Sampai di air terjun, kamu disambut dengan jernih dan segarnya air. Disini kamu bisa berenang bebas, atau hanya merendam kaki saja.

  1. Pulau Lampu

Pulau Lampu ? Pasti pulau yang memiliki banyak lampu. Nama Lampu berasal dari cahaya mercusuar yang berdiri kokoh di pulau tersebut. Untuk bisa sampai di Pulau Lampu, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit saja, dari Pulau Saronde.

Berada di Pulau Lampu, mata kamu akan dibuat tidak mampu berkedip sedetikpun. Hamparan pasir yang putih, air laut yang sangat jernih, serta keindahan alam bawah lautnya bisa membuat kamu betah berada disini. Berwisata ke Pulau Lampu, kamu bisa melakukan banyak aktivitas, seperti berenang, snorkeling atau diving, dan berfoto-foto di bangunan tua peninggalan Belanda.

  1. Pulau Diyonumo

Tempat wisata alam di Gorontalo berikutnya, ialah Pulau Diyonumo. Pulau yang masih perawan ini berada di Desa Deme 2, Kecamatan Sumalata, Gorontalo Utara. Pulau yang masih jarang dijamah ini, harus ditempuh menggunakan ketinting, dan membutuhkan waktu sekitar 10 menit dari Desa Deme 2.

Pulau Diyonumo memiliki panorama pemandangan yang tak boleh kamu lewatkan. Hamparan bukit kece, hijaunya air laut, dan bentangan pulau yang apik sekali siap membuat instgram kamu semakin kece.

Karena lokasi wisata yang masih perawan, maka disini belum memiliki fasilitas umum yang lengkap. Jika kamu ingin bermalam disini, kamu harus menyiapkan tenda kemah, dan keperluan lainnya.

  1. Pulau Saronde

Kalau Pulau Diyonumo masih perawan, berbeda dengan Pulau Saronde yang sudah terkenal hingga manca negara. Pulau ini memiliki julukan Pulau Mini. Pulau Saronde berada tidak jauh dari Teluk Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara. Dari Kota Gorontalo menuju pulau ini hanya menempuh jarak sekitar 50 KM. Sesampainya di Teluk Kwandang, kamu harus berlayar  sekitar 5 menit.

Berlibur ke Pulau Saronde, kamu akan merasa seperti berlibur di pulau pribadi. Di pulau ini kamu bisa bermain pasir seluas 1 KM, berenang, berselancar, snorkeling, dan ski air. Pulau Saronde mempunyai alam yang menenangkan, air laut yang menyegarkan, serta kondisi alam yang masih bersih. Di pulau terkenal ini, kamu bisa membeli oleh-oleh khas Gorontalo atau melakukan kemah tetapi bawa perlengkapan kemah sendiri.

  1. Pulau Cinta

Ingin bulan madu ke pulau yang romantis ? Bawa saja pasangan kamu ke Pulau Cinta Gorontalo. Pulau ini berada di Pantai Bolihutuo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalamo, Gorontalo. Pulau Cinta memiliki bentuk yang unik, serta memiliki kadar penambah rasa cinta yang tinggi.

Jika kamu berada di Kota Gorontalo, kamu hanya butuh waktu 2 jam menuju Pantai Bolihutuo. Sesampai di pantai, kamu harus berlayar menuju Pulau Cinta selama 15 menit. Pulau Cinta pernah dipromosikan di Festival Sail Tomini Boalemo, dan semenjak itu pulau ini tak pernah sepi wisatawan honeymoon.

Memiliki bentuk yang unik, Pulau Cinta bisa membuat bulan madu kamu menjadi bulan madu yang selalu dikenang. Selain itu disini juga tidak berpenghuni, sehingga bisa menenangkan kamu dan pasanganmu. Di Pulau Cinta terdapat 15 resort yang berbentuk unik-unik. Namun harga resort ini sangat merogoh kocek dalam-dalam, harga sewa satu resort kamu harus mengeluarkan uang 3-5 juta lho.

Baguskan wisata di Gorontalo ? Itulah 11 tempat wisata alam di Gorontalo yang wajib masuk list liburan kamu. Selamat berlibur, semoga liburanmu menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *