8 Wisata di Gunung Kidul Terbaru dan Hits Instagram Wajib Menjadi Kunjungan Kamu

Posted on

Wisata di Gunung KidulWisata di Gunung Kidul – Yogyakarta merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah, yang memiliki banyak tempat wisata apik. Salah satu kawasan lokasi wisata di Yogyakarta, adalah Gunung Kidul. Sebuah kabupaten yang berada di sebelah timur Kota Yogyakarta. Karena letaknya yang berada di pesisir selatan Pulau Jawa, kabupaten ini memiliki banyak destinasi wisata alam apik, yang wajib menjadi list liburan kamu. Berikut 10 tempat wisata di Gunung Kidul terbaru dan hits di instgram :

  1. Cave Tubing Kalisuci, Gunung Kidul

Wisata di Gunung Kidul  Tempat wisata di Gunung Kidul terbaru dan hits intaagram wajib menjadi list liburan kamu di Yogyakarta. Cave Tubing Kalisuci, merupakan wisata goa karst yang memiliki sungai jernih di bawah tanah. Letaknya berada di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Atau sekitar 60 kilometer dari Kota Yogyakarta, dan 10 kilometer dari Kota Wonosari. Disebut Kalisuci karena terdapat sebuah mata air disebelah atas aliran sungai sangatlah bersih, dan jernih meskipun air sungai keruh karena musim hujan. Pemandangan indah tebing-tebing batu karst, mejadi salah satu pemandangan apik yang bisa kamu nikmati. Selain itu, kamu juga bisa melakukan penyusuran aliran Kalisuci bersama guide yang sudah disediakan. Cave Tubing Kalisuci, biasanya ditutup untuk wisatawan ketika musim hujan datang.

  1. Bukit Kosakora

Wisata di Gunung Kidul  Akhir-akhir ini banyak wisatawan yang lebih sering mengunjungi destinasi wisata, yang sedang hits di instagram. Salah satunya sebuah bukit di Gunung Kidul yang memiliki pemandangan apik dan instragmable, yaitu Bukit Kosakora. Merupakan sebuah bukit yang lokasinya tidak jauh dari Pantai Drini tepatnya di sisi timur pantai. Meskipun ketinggian bukit terbilang rendah, hanya 50 meter dari permukaan laut, keindahan landscape laut lepas yang indah tetap bisa kamu nikmati. Untuk bisa sampai ke Bukit Kosakora, kamu bisa dengan menyusuri Pantai Drini ketika surut, sekitar 20 KM. Meskipun memiliki pemandangan yang bagus, akses menuju bukit ini terbilang cukup sulit. Kamu harus menyusuri hamparan Pantai Drini dengan berjalan kaki, serta melewati jalan setapak yang dipenuhi semak-semak, hutan belukar, perbukitan kecil, dan persawahan. Destinasi wisata ini menjadi satu paket dengan wisata Pantai Drini, sehingga kamu bisa menitipkan kendaraan di pantai. Untuk kamu yang ingin bermalam disini, disekitar pantai terdapat penginapan dengan harga Rp. 50.000 hingga Rp. 500.000 saja. Jangan lupa juga untuk tidak meninggalkan sampah diatas bukit ya.

  1. Green Village Gedangsari

Wisata di Gunung Kidul  Green Village Gedangsari, adalah sebuah destinasi wisata yang menyuguhkan pemandangan perbukitan. Berwisata kesini, kamu akan melihat eksotisnya pemandangan bukit yang begitu apik. Bukit hijau yang dibilang mirip dengan bukit hijau di New Zealand ini, berlokasi di Dusun Guyangan, Desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta atau sekitar 40 KM dari pusat kota. Kenaapa harus menjadi list liburan ? Karena Green Village Gedangsari memiliki banyak keindahan alam yang bisa memperindah instagram kamu. Mulai dari hamparan hutan hijau yang indah, sunset yang begitu apik, serta disini kamu bisa melihat indahnya Klaten dari atas. Untuk tiket masuk wisata eksotis ini, kamu tidak perlu mengeluarkan uang. Kamu hanya membayar parkir saja, untuk motor dikenakan tarif Rp. 3.000, dan untuk mobil Rp. 5.000 saja.        4. Gunung Api Purba Nglanggeran Wisata di Gunung Kidul  Secara geologi tempat wisata ini sangatlah menarik, Gunung Api Nglanggeran merupakan destinasi wisata yang kawasan litologinya berupa susunan batuan vulkanik, dan bentang alam. Meskipun berusia sudah ratusan tahun, gunung purba ini tetap menyuguhkan keindahan alam yang tiada dua, kamu juga bisa melihat sunset disini. Agar sampai dipuncak, kamu harus melewati 3 gardu, yaitu gardu pang rendah, intermediate, dan puncak serta juga disediakan alat bantu, seperti tali dan tangga sederhana. Sesamainya di puncak, kamu bisa melihat hamparan hijau persawahan yang begitu eksotis, dan keindahan bongkahan batu vulkanik. Untuk bisa ke tempat wisata ini, kamu bisa menggunakan kendaraan, dan hanya membutuhkan waktu sekitar 50 menit sampai 1 jam. Tiket masuknya juga murah, Rp. 7.000 untuk siang dan Rp. 9.000 untuk malam hari. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, akan dikenakan tarif Rp. 15.000 (siang dan malam).

  1. Telaga Biru Semin Gunung Kidul

Wisata di Gunung Kidul  Tempat wisata Gunung Kidul terbaru dan hits berikutnya, adalah Telaga Biru Semin. Sebuah kolam hasil galian batu, yang kini menjadi deretan embung indah. Telaga ini berada di Puncak Bukit Ngentak, Desa Candi Rejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pada awalnya tempat wisata ini berupa pegunungan batuan kapur, dan terbentuk secara tidak sengaja. Berwisata kesini, kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak, hanya Rp. 2.000 saja untuk tiket parkir. Telaga Biru Semin menyuguhkan pemandangan air  telaga yang menawan, dan pemandangan persawahan yang memanjakan mata.

  1. Pantai Nglambor

Wisata di Gunung Kidul  Gunung Kidul merupakan kawasan wisata yang memiliki pantai dengan ombak besar, dan pemandangan yang menarik. Berbeda dengan Pantai Nglambor, ombak disini sangat tenang karena didepannya terdapat bukit yang menghalangi laju ombak. Pantai ini berlokasi di Dusun Nganong, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul. Pantai Nglambor memiliki pemadangan batuan karang yang apik, dua bukit kapur indah yang mengelilingi, serta pemandangan bawah laut yang sangat eksotis. Berwisata kesini tak lengkap kalau kamu tidak snorkeling, menikmati indahnya dunia bawah laut. Bagi kamu yang takut atau tidak suka snorkeling, tetap bisa melihat indahnya karang, berbagai jenis ikan, dan rumput laut karena air laut Nglambor sangat jernih. Untuk harga paket snorkeling, kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

  1. Air Terjun Luweng Sampang

Wisata di Gunung Kidul  Tak hanya terkenal dengan wisata pantai apiknya, Gunung Kidul juga memiliki wisata air terjun yang sangat menarik bahkan disebut Garnd Canyon nya Yogyakarta. Luweng Sampang, merupakan air terjun eksotis, dengan karakteristik batu-batuan yang sekilas terlihat seperti Grand Canyon di Amerika. Sebenarnya yang menjadi pusat perhatian bukan ketinggian air terjunnya, melainkan konsep batuan yang sangat menawan. Berlokasi di Jalan Juminahan, Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Wisata air terjun memiliki kolam yang bisa dibuat berenang, karena memiliki kedalaman yang tidak terlalu dalam, serta kamu juga bisa meloncat dari atas batu. Sangat direkomendasikan buat kamu, berlibur ketempat ini sebaiknya saat musim hujan, karena debit air yang turun sangat banyak. Tetapi perlu hati-hati juga, sebab batuan disekitar juga akan licin.

8. Embung Nglanggeran Wisata di Gunung Kidul  Tempat wisata di Gunung Kidul terbaru dan hits di instagram lainnya, adalah Embung Nglanggeran. Sebuah telaga di atas bukit Gunung Gandu, dibangun karena inisiatif terhadapa masyarakat sekitar gunung yang kesulitan untuk memperoleh air dalam jumlah banyak. Meski demikian, Embung Nglanggeran tetap memiliki keeksotisan yang mampu menarik wisatawan dengan indah pemandangan sekitar. Agendakan wisata kesini saat sore hari saja, karena kamu bisa melihat indahnya sunset tampa terhalan pepohonan. Namun untuk menikmati sunset di embung, kamu harus melewati beberapa anak tangga yang berkelok.  Lokasi Embung Nglanggeran, berada di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Itulah 8 tempat wisata di Gunung Kidul terbaru dan hits di instagram, serta wajib menjadi list liburan di Gunung Kidul, Yogyakarta. Selamat berlibur, semoga berkesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *