9 Pilihan Wisata Gunung di Jawa Timur yang Harus Kamu Taklukan Segera

Posted on

Wisata Gunung Di Jawa Timur Wisata Gunung Di Jawa Timur – Jawa Timur adalah salah satu propinsi di Pulau Jawa, yang tak hanya terkenal pantainya yang indah, namun juga terkenal sebagai surganya para pendaki. Disini banyak gunung yang memiliki pemandangan eksotis nan rupawan, dijamin mata kamu tidak akan berkedip ketika mendakinya. Di propinsi ini, ada gunung yang cocok untuk pendaki pemula, hingga gunung yang memiliki jalur ekstrem.

Nah kalau kamu ingin menghabiskan akhir pekan, dengan mendaki gunung. Maka kamu wajib menentukan gunung mana yang harus kamu daki. Berikut 9 pilihan wisata gunung di Jawa Timur yang harus kamu taklukan segera:

  1. Gunung Semeru

Wisata Gunung Di Jawa Timur Wisata gunung di Jawa Timur yang pertama, dan wajib kamu daki adalah Gunung Semeru. Merupakan gunung aktif di Pulau Jawa, yang memiliki ketinggian sekitar 3.676 mdpl, dan berpuncak bernama Mahameru. Gunung Semeru menjadi terkenal, sejak muncul di film 5 cm pada tahun 2012 silam. Selain pernah muncul di film, alasan lain kenapa harus ke Semeru adalah pemandangannya yang sering disebut “surga dunia.”

Gunung Semeru berada di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang atau lebih tepatnya berlokasi di Desa Tumpang. Nah jika kamu ingin menaklukan gunung tertinggi ini, kamu harus menyiapkan fisik dan mental yang kuat. Mendaki Gunung Semeru memerlukan waktu sekitar seminggu.

Pemandangan Semeru bisa kamu nikmati mulai dari Ranu Kumbolo yang sejuk, Bukit Teletubies yang indah, Tanjakan Cinta yang romantis, Negeri diatas awan yang memukau, sampai Puncak Mahameru yang selalu mengingatkan rasa bersyukurmu.

  1. Gunung Argopuro

Wisata Gunung Di Jawa Timur Pengen mencoba sensasi mendaki gunung yang angker ? Coba saja mendaki Gunung Argopuro.  Gunung ini terkenal dengan Legenda Dewi Rengganis, konon dewi dan dayang – dayangnya hilang disini. Berada di Kabupaten Probolinggo, gunung ini memiliki tinggi sekitar 3.088 mdpl, dan  memiliki puncak utama bernama Puncak Rengganis.

Meskipun terkenal angker, gunung ini memiliki pemandangan yang menakjubkan. Mulai dari pemandangan Danau Taman Hidup di Jalur Bremi yang sangat eksotis, hingga pemandangan savananya yang indah. Di Danau Taman Hidup, kamu bisa beristirahat sambil memancing, serta mengisi persediaan air. Disini juga terdapat Hutan Hujan Tropis, dan Hutan Lumut.

Gunung Argopuro tak hanya memiliki satu puncak saja, gunung ini memiliki puncak lain yang jalurnya bercabang dengan puncak utama, yaitu Puncak Argopuro. Setelah puas menikmati pemandangan di puncak, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju padang savana, yang bernama Cikasur. Di padang ini kamu bisa melihat pemandangan satwa liar, seperti rusa, merak, dan babi hutan yang berkeliaran bebas.

  1. Gunung Raung

Wisata Gunung Di Jawa Timur Selain Semeru, di Jawa Timur ada gunung yang masih aktif, yaitu Gunung Raung. Lokasinya berada di Banyuwangi, dan memiliki ketinggian sekitar 3.332 mdpl. Gunung Raung terkenal dengan jalur pendakian yang sangat ekstrem, sehingga tidak cocok buat pendaki pemula. Menuju puncak, kamu harus menempuh jarak sekitar 17 KM, dan membutuhkan waktu sekitar 6 hari.

Berwisata ke salah satu wisata gunung di Jawa Timur ini, kamu harus menyiapkan kondisi fisik yang kuat, dan membawa persiapan air minum minimal 10 liter, karena Gunung Raung tidak memiliki sumber air.

  1. Gunung Ijen

Wisata Gunung Di Jawa Timur Masih di Banyuwangi, ada wisata gunung yang menjadi incaran para pendaki, baik dari dalam atau luar negeri. Gunung Ijen adalah dengan ketinggian sekitar 2.443 mdpl, dan memiliki pemandangan unik, yaitu “Blue Fire atau Api Biru.” Pemandangan ini selalu diincar para pendaki, karena hanya ada satu di dunia.

Gunung Ijen merupakan gunung yang cocok bagi pendaki pemula, mendaki gunung ini hanya butuh waktu sekitar 2,5 jam, meskipun memiliki jalur yang curam. Selain melihat pemandangan api biru, kamu juga akan melihat para penambang belerang.

  1. Gunung Penanggungan

Selain menguji adrenalin, mendaki gunung juga bisa belajar sejarah, salah satunya Gunung Penanggungan. Mulai dari kaki hingga mendekati puncak, terdapat situs percandian Hindu – Buddha. Meskipun tidak terlalu tinggi sekitar 1.653 mdpl, Puncak Prawita Gunung Penanggungan selalu menjadi incaran para pendaki.

Gunung Penanggungan memiliki 4 jalur populer, yang bisa kamu lewati. Hanya butuh 4 jam saja, kamu bisa sampai di Puncak Bayangan. Disini kamu bisa mendirikan tenda untuk bermalam, dan dari puncak ini hanya butuh waktu 20 menit menuju puncak utama.

  1. Gunung Lawu

Wisata Gunung Di Jawa Timur Wisata gunung di Jawa Timur selanjutnya, adalah Gunung Lawu. Gunung dengan ketinggian 3.265 mdpl ini, berlokasi di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Meskipun terlihat sangat tinggi, gunung ini cocok buat pendaki pemula karena jalur pendakiannya sangat mudah dan tertata. Selain didaki, Gunung Lawu juga sering dikunjungi peziarah pada saat bualan suro.

Ada dua jalur yang bisa kamu tempuh, yaitu jalur Cemoro Kandang, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Dan jalur Cemoro Sewu, Sarangan, Jawa Timur. Kedua jalur ini hanya berjarak beberapa meter saja. Karena sering dikunjungi peziarah, di pos terkahir Gunung Lawu ada warung makanan. Jadi mendaki gunung ini tak perlu khawatir kelaparan.

  1. Gunung Butak

Berbeda dengan gunung di Jawa Timur lainnya, Gunung Butak masih jarang dijamah para pendaki karena masih minim informasi tentang gunung ini. Meski demikian Gunung Butak memiliki pemandangan savana yang menarik. Berlokasi di Perbatasan Kabupaten Malang dan Blitar, Gunung Butak memiliki ketinggian 2.868 mdpl. Dari puncaknya kamu bisa melihat Gunung Arjuno, Welirang, dan Mahameru.

Ada banyak jalur menuju Gunung Butak, mulai jalur kebun teh sirah kencong Blitar, Bukit Panderman, Desa Gadingkulon Dau, dan Jalur Gunung Kawi Kepanjen. Waktu yang diperlukan menuju gunung ini, sekitar 7 – 12 jam (tergantung jalur yang dipilih).

  1. Gunung Panderman

Wisata Gunung Di Jawa Timur Pernah ke Batu, Malang ? Pasti kamu sering ditampakkan pemandangan gunung kecil yang eksotis, gunung tersebut adalah Gunung Panderman. Wisata alam ini sudah menjadi ikon Kota Batu. Gunung dengan ketinggian 2.045 mdpl ini, sangat mudah kamu taklukan, hanya butuh waktu sekitar 3-4 hari saja untuk bisa sampai di puncak. Puncak gunung ini bernama Puncak Basundara. Perjalanan menuju puncak yang melelahkan, akan dibayar dengan pemandangan yang sangat eksotis. Pemandangan Gunung Arjuno, Welirang, serta pemandangan Kota Malang dan Batu yang indah dengan kelap kelip sinar lampu.

  1. Gunung Bromo

Wisata Gunung Di Jawa Timur Wisata gunung di Jawa Timur yang terakhir, adalah Gunung Bromo. Gunung ini terkesan anti-mainstream alias sangat mudah kamu jamah, karena memiliki tantangan yang minim dibanding gunung di Jawa Timur lainnya. Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.392 mdpl, dan terletak di 4 kabupaten yaitu Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang.

Karena puncaknya mudah dijamah, gunung ini selalu menjadi incaran pendaki. Karena tak perlu usaha yang keras sudah bisa menikmati pemandangan yang luar biasa. Untuk menuju kawah Bromo, kamu harus melewati lautan pasir yang luas. Gunung Bromo dianggap suci oleh Suku Tengger, disini sering diadakan Upacara Yadnya Kasada.

Nah sudah gak bingung kan mau mendaki gunung yang mana ? Itulah 9 pilihan wisata gunung di Jawa Timur yang harus segera kamu taklukan. Selamat mendaki, semoga keselamatan bersamamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *