9 Tempat Wisata Kuliner di Surabaya yang Wajib Di Kunjungi

Posted on

Tempat Wisata Kuliner di Surabaya – Surabaya merupakan kota tertua di Indonesia, tepatnya di Jawa Timur. Kota ini memiliki julukan sebagai Kota Pahlawan, karena dulu menjadi salah satu tempat pahlawan melawan penjajah. Sebagai kota terbesar di Jawa Timur, Surabaya memiliki banyak tempat wisata yang memukau, mulai wisata alam, belanja, hiburan, hingga wisata kuliner.

Ada banyak tempat kuliner di Surabaya yang wajib dikunjungi, karena rasanya yang enak dan harga yang murah. Berikut 9 referensi tempat wisata kuliner di Surabaya yang bisa menggoyang lidahmu :

 

  1. Rawon Pak Pangat

Kalau ditanya, apa makanan khas Surabaya yang wajib dicoba ? Jawabannya pasti rawon. Salah satu tempat wisata kuliner di Surabaya yang bisa menggoyang lidah, adalah Rawon Pak Hangat. Tempat ini berlokasi di Ruko Lotus Jalan Ketintang Baru Selatan I No.15, Darmo Trade Center, Wonokromo, Surabaya. Menu rawon disini sudah terkenal enaknya, bahkan buat kamu yang belum pernah mencoba makan rawon, tempat ini bisa menjadi uji percobaanmu makan rawon.

Rawon Pak hangat memiliki 2 menu yang lezat, yaitu Rawon Campur dan Rawon Krengsengan. Makan rawon disini akan membuat lidahmu tak berhenti bergoyang. Perpaduan antara kuah kluwek, dan daging sapi yang empuk, akan membuat pengalaman makan rawon yang tak terlupa.

  1. Pakuwon Food Festival

Bingung cari makan di malam hari ? Tak usah bingung, pergi saja ke Pakuwon Food Festival. Disini selain bisa menikmati udara ingin Surabaya, dan makanan yang enak, kamu akan disuguhi live musik yang bisa membuat suasana menjadi cozy. Pakuwon Food Festival memiliki banyak pilihan makanan yng bisa kamu pilih, bahkan biasanya ada event besar, seperti festival durian dan festival sate. Tempat ini juga dekat dengan East Coast Plaza.

  1. G-Walk

Sama seperti Pakuwon Food Festival, G-Walk juga memiliki konsep food court. G-walk merupakan tempat nongrong favorit anak Surabaya, dibangun menyerupai Clarke Quay. Sebuah bangunan yang menjadi pusat hiburan di Singapura. Tempat ini berada di kawasan hunian elite, tepatnya di Citra Raya, Surabaya Barat. Ada dua jalur berbeda yang bisa kamu pilih, jalur pertama memiliki suasana yang cozy dengan hidangan khas Eropa, sedangkan jalur kedua memiliki suasana yang lebih terang dengan hidangan khas Nusantara.

Selain bisa menikmati makanan yang enak-enak, berwisata kuliner ke G-Walk juga bisa menikmati wisata musiknya. Salah satu musik yang selalu hadir menemani wisatawan adalah, Jazz. Musik ini hadir setiap hari sabtu malam.

  1. Rujak Cingur Ahmad Jaiz

Selain terkenal dengan rawonnya, Surabaya juga terkenal dengan rujak cingurnya. Salah satu tempat kuliner rujak cingur yang sering dicari, adalah Rujak Cingur Ahmad Jaiz. Tempat ini berada di Jalan Ahmad Jaiz No. 40, Surabaya.

Rujak Cingur disini sudah buka sejak tahun 1970-an, dan hingga sekarang pemilik masih menggulek sendiri bumbunya. Sehingga cita rasa saat awal buka, sampai sekarang tidak berubah. Meskipun dipatok dengan harga yang cukup mahal, rasa dari Rujak Cingur Ahmad Jaiz ini tidak mengecewakan.

  1. Soto Lamongan Cak Har

Meskipun bukan makanan khas Surabaya, ternyata soto lamongan Surabaya ini masih dicari oleh wisatawan yang berlibur kesini. Soto Lamongan Cak Har, merupakan satu dari sekian banyak soto lamongan yang memiliki banyak peminat. Berlokasi di Jalan Ir. H. Soekarno Surabaya, soto lamongan ini menyajikan menu soto yang enak.

Berkuah santan yang gurih, kamu bisa memilih sendiri isi sotonya. Ada jeroan, daging ayam, brutu, hingga ceker. Bahkan banyak pengujung yang minta tulang ayam, sebagai pelengkap makan. Tulang ayam disini dimasak secara matang hingga empuk, jadi enak jika dibuat lauk juga.

6. Nasi Bebek “Sayang Anak” Cak Yudi

Tempat wisata kuliner di Surabaya selanjutnya, adalah Nasi Bebek “Sayang Anak” Cak Yudi. Tempat kuliner yang sudah berdiri sejak tahun 1982 ini, buka setiap hari mulai pukul 15.00 hingga 18.00. Meski buka hanya 3 jam, namun pelanggan yang datang bisa sampai kehabisan, karena persediaan bebek terbatas.

Nasi BebeK Cak Yudi berada di Jalan Tanjung Torowitan No. 39, Surabaya. Disini ada satu ciri khas yang harus kamu coba, yaitu sambal pencitnya atau sambal mangga muda. Dijamin lidah kamu akan bergoyang dengan kepedasannya.

  1. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Dirintis sejak tahun 1956, wisata kuliner khas Surabaya ini tidak boleh dilewatkan, yaitu Lontong Balap Garuda Pak Gendut. Lokasinya sangat mudah ditemukan, berada di Jalan Prof. Dr. Moestopo, Surabaya. Meskipun pemilik awal sudah tiada, lontong balap ini tetap menjadi primadona di Kota Surabaya.

Perpaduan lontong, sayuran, bumbu petis dan kuahnya mampu membuat lidahmu minta tambah lagi, ditambah harganya yang sangat terjangkau. Ada juga menu tambahan, seperti sate kerang dan es kelapa muda yang segar.

  1. Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih

Mungkin kamu sudah sering makan sate biasanya, namun pernakah makan sate yang dibaluri dengan parutan kelapa ? Nah kalau belum pernah, berkunjung saja ke Jalan Walikota Mustajab No. 36, Surabaya. Disitu kamu akan menemukan salah satu tempat makan yang unik, yaitu Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih.

Makan sate disini, kamu bisa pilih sendiri menunya. Ada sate daging sapi, ayam, jerohan, udang, dan sumsum. Baluran bumbu kacang, wanginya irisan bawang merah, serta gurihnya parutan kelapa akan membuat kamu selalu merasa lapar.

  1. Kepiting Cak Gundul 1992

Tempat wisata kuliner di Surabaya yang terakhir, adalah Kepiting Cak Gundul 1992. Meskipun Surabaya bukan tempat awal berdiri, namun pelanggang yang datang sangat banyak, apalagi penggemar seafood.

Kepiting Cak Gundul 1992 berlokasi di Jalan Kupang, Surabaya. Salah satu menu favorit disini, ialah kepiting asam manis, dan kepiting kuah kare. Dengan porsi yang cukup besar, perut kamu akan dibuat kenyang seharian. Selain kepiting ada juga menu seafood lainnya, seperti udang, kerang, dan cumi-cumi.

Itulah 9 tempat wisata kuliner di Surabaya yang wajib kamu coba. Selamat berlibur di Kota Pahlawan, semoga liburanmu menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *