Tempat Wisata Alam di Bandung Terbaru dan Hits, yang Sayang Jika Dilewatkan

Posted on

Tempat Wisata Alam di Bandung – Bandung atau yang dikenal dengan nama Paris Van Java, merupakan salah satu kota di Indonesia yang berada di dataran tinggi. Berada di dataran tinggi dan dikelilingi pegunungan, Ibu Kota Jawa Barat ini memiliki udara yang sangat sejuk. Selain memiliki udara sejuk, Bandung juga memiliki banyak tempat wisata. Mulai dari wisata sejarah, alam, hingga wisata belanjanya. Tak heran jika Bandung menjadi tujuan wisatawan untuk menghabiskan akhir pekan, ditambah lagi letaknya yang tak jauh dari Jakarta. Berikut tempat wisata alam di Bandung terbaru dan hits :

  1. Wisata Kawah Putih

  Tempat wisata alam di Bandung terbaru dan hits yang pertama, adalah Wisata Kawah Putih. Kawah ini berada di kawasan Ciwidey, tepatnya di Jalan Situ Patengan, Rancabali, Bandung. Kawah Putih merupakan objek wisata yang terkenal dengan cerita mistisnya. Berupa hamparan pasir putih dan kawah bekas letusan Gunung Purba Sunda, kawah putih menyuguhkan keindahan panorama alam yang apik. Selain kawah yang bisa berubah warna, Kawah Putih Ciwidey dikelilingi banyak pepohonan. Sehingga menambah eksotisnya tempat wisata ini. Karena banyaknya wisatawan yang berkunjung kesini, Dinas terkait menambah fasiitas, seperti tempat penginapan. Untuk tiket masuknya sangat murah hanya Rp 18.000 (weekday dan weekend), dan untuk wisatawan turis dikenakan biaya Rp. 150.000 saja.

  1. The Lodge Maribaya

   The Lodge Maribaya, merupakan salah satu tempat wisata alam di Bandung terbaru dan hits yang wajib menjadi list liburan kamu di Bandung. Berada di Jalan Maribaya Timur Km 6, Kampung Kosambi, Cibodas, Lembang, Bandung Barat. Pada dasarnya The Lodge Maribaya merupakan bumi perkemahan, sehingga cocok buat kamu yang ingin berpetualang di alam terbuka. Berada di dataran tinggi, tempat berkemah ini bukanlah tempat berkemah seperti biasanya. The Lodge Maribaya menyediakan fasilitas untuk berkemah, dan fasiltas treking. Selain menambah pengalaman aktivitas pertualangan di alam terbuka, kamu akan disuguhkan pemandangan apik dari gunung dan hutan pinus. Untuk tiket masuknya hanya Rp. 20.000 (weekday), dan Rp. 35.000 (weekend/ holiday).

  1. Gunung Puntang

  Gunung Puntang, merupakan salah satu wisata alam yang berada di sekitar Pangalengan. Wisata ini bisa dikatakan wisata alam, juga wisata sejarah. Banyak cerita mistis yang sering terdengar dari masyarakat sekitar. Meski demikian masih banyak wisatawan, yang berkunjung kesini. Meskipun berada di salah satu lokasi menyeramkan Bandung, tempat wisata alam ini masih banyak dikunjungi wisatawan. Wisatawan sering melakukan camping, treking, dan hiking di Gunung Puntang ini. Selain pepohonan rindang, disini kamu akan menemukan rumah tua bekas peningggalan Belanda.

  1. Tebing Keraton

  Beralih ke Bandung bagian utara, disini kamu bisa akan menemukan salah satu tempat wisata alam yang lagi hits, yaitu Tebing Keraton. Lokasi Tebing Keraton berada di Pakar Barat, Cimenyan, Bandung Utara. Lebih tepatnya di pucak ketinggian Bukit Dago. Tebing Keraton adalah tempat wisata dimana kamu bisa melihat indahnya alam Bandung, berupa hamparan hutan luas semacam zamrud berwarna hijau. Selain pemandangan hijau yang begitu apik, kamu juga bisa melihat indahnya sunrise dan sunset disini. Beriwsata kesini tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, sangat murah sekali. Meski murah, tetap pemandangan yang disuguhkan tidak murahan.

  1. Dago Pakar

  Satu lagi tempat wisata alam di Bandung bagian utara, sekitar Jalan Bukit Pakar Dago, Bandung Utara, yaitu Dago Pakar. Dago Pakar merupakan tempat wisata alam yang menyuguhkan indahnya hutan belantara Bandung, yang masih dipenuhi dengan pepohonan. Selain pemandangan pepohonan, dan udara yang masih sangat sejuk. Berwisata ke Dago Pakar, kamu bisa menemukan beberpa gua buatan Jepang dan Belanda. Dengan melakukan treking dan hiking. Selain itu kamu juga akan menemukan sebuah air terjun, yang diberi nama Air Terjun Maribaya yang sangat mempesona. Disini juga banyak fasilitas yang sudah terpenuhi, seperti cafe yang memiliki nuansa romantisme. Nah untuk tiketnya sangat murah, hanya Rp. 11.000/orang, dan jam bukanya mulai jam 08:00 – 17:00 setiap hari.

  1. Stone Garden

  Tempat wisata alam di Bandung terbaru dan hits, adalah Stone Garden. Merupakan kawasan gunung kapur, yang berlokasi di Puncak Gunung Pawon. Tepatnya berada di Kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Hanya 5 meter dari arah Padalarang. Mengunjungi Stone Garden, kamu akan disuguhkan pemandangan alam khas Gunung Pawon yang begitu apik, serta sejarah yang sayang kalau dilewatkan. Stone Garden dibuka setiap hari, selama 2 jam. Untuk tiketnya ada 2 macam. Jika kamu masuk langsung ke Stone Garden, maka kamu akan dikenakan biaya Rp. 3.000/ orang dengan biaya parkir untuk mobil Rp. 10.000 dan Rp. 5.000 untuk motor. Sedangkan kalau lewat Goa Pawon, biaya masuk hanya Rp. 6.000/orang dan biaya parkir    Rp. 5.000 saja.

  1. Sendang Geulis Kahuripan

  Tempat wisata alam yang populer dengan nama Talaga Cikahuripan ini, berada di Bandung Barat. Atau di Daerah Ganjarsari, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat. Sendang Geulis Kahuripan, adalah sebuah mata air alami dengan pemandangan yang apik dan masih sangat asri. Banyak alasan kenapa tempat wisata ini sering menjadi tujuan wisatawan, salah satunya karena wisatawan bisa bermain air di tengah perbukitan dan persawahan yang hijau asri. Sendang Geulis Kahuripan memiliki air yang bening serta berkilauan, sehingga daya tarik wisatawan semakin bertambah. Dibuka setiap hari mulai pukul 08:00 – 17:00, berlibur kesini kamu akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 10.000/orang.

  1. Curug Malela

   Curug atau air terjun Malela, merupakan salah satu tempat wisata alam di Bandung terbaru dan hits. Curug Malela berlokasi di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat. Berlokasi yang jauh dari keramaian, menjadikan curug ini masih tersembunyi. Belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaannya, hanya penduduk sekitar saja yang tahu. Oleh karena itu, kisah-kisah mistis masih sangat melekat. Tak perlu takut untuk berwisata kesini, tempat wisata ini masih menyimpan keindahan alam yang begitu apik. Memiliki ketinggian sekitar 60 meter, lebar 70 meter, dan terdapat 5 jalur air terjun yang indah. Tepat disebelah kanan curug, kamu akan menemukan sebuah tebing tinggi, berwarna putih, dan mengarah ke bawah air terjun. Karena lokasi masih tersembunyi, sehingga untuk tiket masuk tidak dipungut biaya.

  1. Taman Begonia

  Wisata alam tak harus tentang gunung, bukit, hutan, dan pantai saja. Melainkan taman juga termasuk wisata alam, salah satunya Taman Begonia. Taman ini berlokasi di Jalan Maribaya 120 A, Lembang, Bandung Barat. Wisata Taman Begonia dibuka setiap hari, dan hanya Rp. 10.000/orang untuk tiket masuknya. Apabila kamu membawa kamera DSLR, maka kamu akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 50.000 saja. Tempat wisata alam di Bandung terbaru dan hits ini menyuguhkan keindahan berbagai jenis bunga. Mulai bunga lokal, hingga bunga mancanegara. Selain itu kamu juga bisa menikmati wisata outboundnya. Karena berada pada ketinggian 1200 mdpl, tak heran jika udara disini sangat sejuk.

  1. Curug Pelangi

  Tak hanya Malang saja yang memiliki wisata alam air terjun Pelangi, ternyata Bandung juga punya, namanya Curug Pelangi. Berada di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat ini memiliki pemandangan yang tak kalah menarik dengan tempat wisata alam di Bandung terbaru dan hits lainnya. Berbeda dengan Coban Pelangi, warna pelangi di curug ini terjadi karena cahaya lampu dibelakang air yang sudah disetting menyerupai pelangi. Meski demikian, keindahan alam yang disuguhkan tetap menarik, selain itu disini juga merupakan tempat habitat monyet yang dilindungi. Untuk bisa masuk ke tempat wisata ini, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000/orang. Sedangkan untuk tiket parkir mobil, dikenakan biaya Rp. 5.000 dan Rp. 2.000 untuk motor.

Itulah 10 tempat wisata alam di Bandung terbaru dan hits, yang wajib menjadi tujuan wisata kamu. Selamat berlibur, semoga liburan kamu menyenangkan dan berkesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *